Laman

15 Juli, 2012

BAGAIMANA MENGURUS KARTU PESERTA ASKES

KARTU PESERTA ASKES BARCODE :
mencantumkan nomor peserta askes yang bersifat unikndan tidak akan berubah walaupun Anda berpindah tempat tugas atau berubah status

KARTU PESERTA ASKES :
  1. Sebagai identitas peserta
  2. sebagai prasyarat untuk memperoleh pelayanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan yang bekerjasam dengan PT.Askes (Persero)
  3. Setiap peserta memiliki satu Kartu Peserta Akses dengan nomor yang unik dan tetap berlaku secara nasional
  4. Kartu Peserta Akses berlaku selama Peserta masih mempunyai hak
DIMANA MENGURUS KARTU AKSES :
Kartu peserta Akses dapat diperoleh  di kantor cabang PT Askes, kantor Askes Kota/Kabupaten, Mobile Customer Service.

KARTU PESERTA ASKES BARU :
Mengisi daftar isian registrasi peserta dan menunjukkan persyaratan :
  1. Asli/fotocopy SK PNS/pensiunan/petikan gelar kehormatan veteran/perintis kemerdekaan
  2. fotocopy daftar gaji terakhir yang dilegalisir bagi PNS dan surat tanda bukti penerimaan pensiun (STBPP)
  3. fotocopy surat nikah, akte kelahiran anak/keterangan lahir/ surat keputusan pengadilan negeri untuk anak angkat
  4. surat keterangan dari sekolah/ perguruan tinggi (bagi anak berusia lebih dari 21tahun sampai dengan 25tahun)
  5. asli atau fotocopy kartu tanda penduduk(KTP)
  6. surat pernyataan/ keterangan melaksanakan tugas perorangan(SPMT) bagi bidan PTT dan dokter PTT
  7. melampirkan pasfoto terbaru masing-masing satu lembar ukuran 3x4 cm, kecuali bagi anak usia balita.
PERUBAHAN DATA PESERTA :
Mengisi daftar isian perubahan data peserta dengan menunjukkan persyaratan sebagai berikut :
  1. pindah Puskesmas, Dokter Keluarga atau dokter gigi. Menunjukkan asli/fotocopy Kartu peserta
  2. pindah domisili. Menunjukkan asli/fotocopy Kartu Peserta dan KTP
  3. pindah instansi tempat bekerja. Menunjukkan Asli/fotocopy Kartu peserta dan Surat Keputusan Mutasi/ Pindah Kerja
  4. kelahiran anak : fotocopy akte kelahiran anak/ surat keterangan lahir, fotocopy daftar gaji yang dilegalisir. pernikahan : fotocopy surat nikah, fotocopy daftar gaji yang dilegalisir, pas foto berwarna istri/suami ukuran 3x4 cm sebanyak satu lembar
  5. perceraian : fotocopy akte/surat keterangan perceraian, menyerahkan kartu peserta istri/suami
  6. meninggal dunia :fotocopy surat keterangan kematian, menyerahkan kartu peserta yang meninggal dunia

KARTU PESERTA HILANG :
  1. surat pernyataan hilang yang bersagkutan (bermaterai cukup)
  2. Asli/fotocopy KTP
  3. Asli/fotocopy SK PNS/Pegawai/penerima pensiun/petikan gelar kehormatan veteran/perintis kemerdekaan/ pegawai tidak tetap

KARTU PESERTA RUSAK :
peserta melapor ke kantor cabang atau PT Askes Kabupaten/Kota dengan persyaratan :
  1. Menyerahkan kartu peserta yang rusak
  2. Menunjukkan KTP aslindan fotocopy daftar gaji yang dilegalisir 
sumber : laeflet Askes. Bagaimana Mengurus Kartu Peserta Askes.
 
          

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar